Catper Mt. Merapi 22-23 Desember 2014

Alhamdulillaaah naik juga ke Merapi, sebenernya rencana merapi sendiri udah lama banget namun karena full nya aktivitas di semester 3 ini akhirnya baru kesampaian pas minggu tenang kmarin. Anggota pendakiannya sendiri ada 5 orang, amed, adit, anggi, fitrah dan aku. Awalnya agak ragu sama rencana pendakian kali ini karena masih hot" nya kasus longsor, gak cuma longsor sih yang ditakutin tapi rada takut juga sama letusan freatik dari merapinya, tepi dengan segala pertimbangan brangkat aja dah. Untuk profil dari merapi bisa cek di google aja, kalo mau liat catper saya, monggoo :)

Senin, 22 Desember 2014

09.00 WIB Persiapan
Beli konsumsi (air mineral 3 lt, roti sobek, mie instant, kornet pronas, permen, coki", kopi) trus sekalian nyewa tenda ke penyewaan merapi depan taman kuliner. Nyiap"in perlengkapan lainnya, packing, masukin dalem tas.

13.00 WIB Hujan
Rencana mau berangkat eh ujan deres banget, yaudah tunggu rada redaan.

16.00 WIB OTW
Alhamdulillah ujan reda kang, siap cus berangkat dari jogja to selo sebagai tujuan jalur pendakian. Sebelum berangkat ga lupa do'a. Kita naik motor, rutenya mudah (padahal pake gps) dari jogja ke muntilan, dari muntilan ke arah mungkid, trus tau" udah selo aja #eh liat gps aja lah kalo bingung mah hehe

18.00 WIB Selo
Sampe di pasar selo, kita mampir ke warung beli makan, nama warung nya lupa tapi lokasinya pas di pertigaan yg ada kantor polisinya, makannya soto biar anget, disini tahu baksonya enak bgt :3, selese makan ga lupa bungkus nasi buat makan malem di pasar bubrah nanti. Habis itu sholat di masjid sebelah, beres" selesai baru deh cus ke basecamp yg kira" 15 menitan lah dari situ, kalo mau tau tempat basecampnya tanya orang situ aja hehe. Di basecamp kita nitip motor sama ngurus administrasi, satu org 15 ribu, mahal ya :( ga papa itu juga buat kelestarian merapi kok :)

19.30 WIB Base Camp
Setelah semua administrasi selesai kita pemanasan dulu, trus do'a, trus brangkat. Tapi ga lupa take a photo dulu siapa tau ada yang ilang.

Dari kiri-kanan aku, anggi, amed, fitrah trus adit.

Trek awal jalan aspal lewat kebun sayur, lereng langsung miring dan bikin ngos"an. Sebenernya bisa pake kendaraan tapi diatas ga ada basecamp, jadi ya harus jalan dari basecampnya ke new selo.

19.45 New Selo
Sampai deh di new selo, tujuan selanjutnya adalah pos gerbang, trek disini didominasi jalan semen kotak" (apasih namanya) melewati kebun" warga. Beberapa kali kita istirahat mungkin karena masih belum adaptasi sama cuaca. Selama perjalanan sesekali kita ngliat pemandangan yang ga keliatan #lho

20.45 Gerbang
Setelah berjalan cukup lama, kita sampe di pos gerbang. Disini ada semacam pondok yang bisa dipake istirahat. Kita ga lama istirahat disini soalnya takut keburu dingin kalo diem terus, selesai beres" kita brangkat lagi. Tujuan selanjutnya itu pos 1, treknya udah tanah, kadang lebar kadang kecil, lumayan miring lah kadang ada yang vertikal plus licin.

22.00 Pos 1
Cukup ngos"an lah ke pos 1, ada pondokannya, istirahat bentar, makan snack temen, ngobrol", brangkat lagi. Tujuan selanjutnya ke pos 2. Hampir sama kaya trek di pos 2, tapi kadang lewang jalan yang sebelahnya jurang, alon" wae asal kelakon :)

23.15 Pos 2
Sampe di pos 2 deh, cuma disini ga ada pondokannya, ga ada tulisannya juga kalo pos 2, kita juga ga tau sebenernya ngarang aja hehe. Disini ketemu persimpangan, kita belok kanan, kalo kiri turun nanti lewat jalur lain tapi tetep ke selo. Di pos 2 ini ga istirahat lama, paling cuma jagong, minum, pipis gtu trus lanjut deh ke pasar bubrah. Trek menuju pasar bubrah udah bukan tanah lagi, kebanyakan batu". Ati" aja lewat sini jangan sampe kesambet #lho tanda" kita dah sampe pasar bubrah tu kalo dah ketemu kaya rumah kecil gtu, mungkin buat tempat controlling merapi.

24.00 Pasar Bubrah
Sampe juga di pasar bubrah, kirain ada yang jualan eh ga ada, ga tau tuh dinamain pasar bubrah dari mana, engga ding bercanda. ... . Nah disini kita ndiriin tenda, cukup sulit cari tempatnya karena banyak batu, mending ndiriin tendanya di sebelum pasar bubrah sih menurutku, pokoknya yang bawahnya tanah lah biar enak juga tidurnya. Tap tap tap tenda selese didiriin, trus makan malem, trus tidur deh :)

Selasa 23 Desember 2014
03.00 Summit Attack
Alarm bunyi, bangun, masih ngantuk, tidur lagi.

05.00 Summit Attack beneran
Bangun (dibangunin) langsung sholat subuh, brr dingin banget.Selese sholat langsung siap". Barang" kita tinggal, cuma bawa air minum aja. Karena telat akhirnya kita menikmati sun rise di pasar bubrah, tapi tetep bagus kok.

Sunrise cuuy

Setelah menikmati sunrise, jam 6 kita baru lanjut naik ke puncak. Treknya didominasi pasir, jadi kalo naik dua langkah trus mrosot satu langkah, gaenak :( disini ati" kalo nginjek batu, cari yang bener" kuat jangan yang labil, kan berabe kalo ngenain bawahnya.

07.00 Puncak Garuda
Sampailah kita pada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa mengantarkan... lupa... trus foto" :)

Puncak

Nyawang 2 bule cantik

Groufie duluh

Amed mau bunuh diri tp ga jadi takut mati

Setelah puas di puncak kita turun ke tenda, istirahat, makan, tidur dll

11.00 WIB Turun
Akhirnya jam 11 kita turun, masih lewat jalur yang sama dan kurang lebih jam set tiga kita dah sampai basecamp. Sempat ketemu monyet di perjalanan tapi cuma satu.

15.00 WIB Balik Jogja
Istirahat bentar, ambil motor, bayar parkir 5 ribu, langsung deh cus Jogjaa~

Menurut aku gunung merapi lebih ringan daripada yang lainnya, terutama via selo. Soalnya selain jalurnya yang ga begitu jauh, 4-5 jam sampe, summit attack nya ga jauh sama pos tempat pasang tenda. Ati" juga sama cuaca, jangan memaksakan diri untuk naik kalo di perjalanan ternyata ada badai atau yang lainnya, alhamdulillah cuaca kemarin lagi bagus"nya, ya kalo naik pas musim hujan jangan lupa bawa mantel aja :)